Hari Kedua Latihan Keterampilan Prosedur Pengoperasian V-SAT, Peserta Pelatihan Masuki Tahap Lattek

    Hari Kedua Latihan Keterampilan Prosedur Pengoperasian V-SAT, Peserta Pelatihan Masuki Tahap Lattek

    SURABAYA - Memasuki hari kedua Latihan Keterampilan Prosedur Pengoperasian V-SAT yang digelar Dinas Komunikasi dan Elektronika (Diskomlek) Koarmada II yang mana sebelumnya di hari pertama, peserta mendapat teori tentang cara prosedur pengoperasian V-SAT dan Standart Operasionalnya (SOP), serta pemeliharaannya oleh instruktur yang berasal dari Team Teknis PT. Sinergi Mitra Komunikasi (SMK). Rabu (27/9/2023).

    Di hari kedua seluruh peserta mendapat materi praktek pengenalan alat dan instalasi serta pemeliharaan VSAT Sailor 900, bertempat di ruang kelas Diskomlek Koarmada II. Selanjutnya seluruh peserta dibawa ke KRI Surabaya-591 untuk melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) dan mengoperasikan langsung V-SAT.

    Salah satu peserta latihan keterampilan prosedur pengoperasian V-SAT mengatakan dengan adanya latihan ini menjadi lebih banyak tahu tentang cara penggunaan dan cara memelihara peralatan VSAT, sehingga peralatan yang dimiliki sekarang dapat di pergunakan secara optimal.

    Sementara itu, Kadiskomlek Koarmada II Kolonel Laut (E) Wakhid Nur Ismail, S.T., mengatakan bahwa dengan digelarnya latihan ini dapat meningkatkan kemampuan personel komunikasi TNI Angkatan Laut dan menghasilkan personel-personel yang profesional. "Sehingga dapat mewujudkan TNI Angkatan Laut yang berkelas dunia, " ujar Kolonel Wakhid sapaan akrabnya.

    Perlu diketahui V-SAT sendiri merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yakni stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari V-SAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. (Dispenal)

    surabaya
    Hariyono

    Hariyono

    Artikel Sebelumnya

    Dr. Ing. Ilham Habibie: International University...

    Artikel Berikutnya

    Ratusan Pelaku UMKM Hadiri Sosialisasi UMi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Begini Kerja Satgas Walrolakir Amankan Kepala Negara hingga Delegasi WWF ke-10 di Bali
    Kearifan Masyarakat Bali Sejalan dengan Semangat World Water Forum ke-10
    Para Pemimpin Negara Tiba di Bali Hadiri World Water Forum ke-10
    Menparekraf Ajak Komunitas Bali Ikut Sukseskan Pelaksanaan World Water Forum ke-10
    Bhabinkamtibmas Kel. Tamansari Polsek Tamansari Polres Tasik Kota melaksanakan sambang Warga.

    Ikuti Kami