Dankodikopsla Resmi Tutup Tiga Program Pendidikan di Kodiklatal

    Dankodikopsla Resmi Tutup Tiga Program Pendidikan di Kodiklatal
    Laksamana Pertama TNI Dadang Somantri resmi menutup tiga program pendidikan yaitu Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut (Suspaidikla) TA.2023,

    SURABAYA - Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksamana Pertama TNI Dadang Somantri resmi menutup tiga program pendidikan yaitu Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut (Suspaidikla) TA.2023, Pendidikan Pertama Perwira Karier (Dikmapa PK) TNI AL Angkatan 30, dan Pendidikan Perwira Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) Penerbang TNI AL Angkatan 33, bertempat di Gedung R.E. Martadinata Kodiklatal, Bumimoro Surabaya, Rabu (27/9/2023).

    Adapun jumlah Perwira Suspaidikla sebanyak 30 orang dan Perwira PSDP Penerbang TNI AL sebanyak 20 orang. Sedangkan Dikmapa PK TNI AL Angkatan Ke-30 yang berjumlah 136 Pasis terdiri dari Korps Pelaut 7 orang, Korps Teknik 14 orang, Korps Elektronika 15 orang, Korps Suplai 9 orang, Korps Kesehatan 4 orang, Korps Khusus 67 orang, Korps Pomal 3 orang, dan Korps Hukum 17 orang. Selanjutnya khusus untuk Pasis Dikmapa PK akan menempuh pendidikan Sargolan di Pusdikpel Kodikopsla, Pusdiktek, Pusdiklek, Pusdikpomal dan Pusdikbanmin yang berada di bawah jajaran Kodikdukum.

    Dalam amanatnya, Dankodikopsla Kodiklatal menyampaikan sebagaimana diketahui bersama bahwa pendidikan ini telah dilaksanakan di Sefung Pusdiklapa yang diikuti oleh Pasis Suspaidikla selama 2 bulan, dan Pasis Dikmapa PK bersama Pasis PSDP Penerbang TNI AL selama 1, 5 bulan.

    "Guna tercapainya tujuan dan sasaran pendidikan, untuk Perwira Suspaidikla telah dibekali berbagai ilmu tentang protap keamanan laut (kamla), perundang-undangan tentang kamla serta didukung latihan pratek pemberkasan KRI dan pangkalan. Sedangkan untuk Perwira Dikmapa PK dan PSDP Penerbang telah dibekali berbagai ilmu seperti dasar kematraan laut, kejuangan, pengetahuan dasar serta didukung latihan praktek baik di Puspeknubika maupun di KRI, " ungkap Laksma Dadang.

    Lebih lanjut, Dankodikopsla berpesan khususnya kepada Pasis Dikmapa PK dan PSDP Penerbang, bahwa setelah ini seluruh pasis akan menempuh pendidikan dasar golongan lanjutan di Pusdik masing-masing untuk mendapatkan berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai Korps maupun profesi yang nantinya dapat dijadikan bekal dalam penugasan baik di KRI, Pesud maupun Pendirat. (Puspen TNI)

    surabaya
    Hariyono

    Hariyono

    Artikel Sebelumnya

    Dr. Ing. Ilham Habibie: International University...

    Artikel Berikutnya

    Ratusan Pelaku UMKM Hadiri Sosialisasi UMi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kapolres; Satreskrim Polres Bitung Amankan Bos BBM Solar Ilegal
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Sambangi Pos Satpam, Perkuat Sinergi Keamanan
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Sambangi Warga, Sampaikan Pesan Kamtibmas
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Sambangi Guru SD, Sampaikan Pesan Kamtibmas
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Laksanakan Patroli Malam dan Sambangi Warga, Pastikan Keamanan Terjaga

    Ikuti Kami