Bakamla RI Gelar Rakernis Monitoring dan Evaluasi Strategi Keamanan Laut

    Bakamla RI Gelar Rakernis Monitoring dan Evaluasi Strategi Keamanan Laut
    Rakernis monitoring dan evaluasi strategi Kamla di Manado

    MANADO - Bakamla RI melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Monitoring dan Evaluasi Strategi Kamla di Manado, Sabtu (23/9/2023). 

    Rapat ini diinisiasi dan dibuka oleh Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Bambang Trijanto. Dalam pelaksanaannya, Rakernis ini melibatkan sejumlah pemangku kepentingan yang memiliki peran krusial dalam menjaga stabilitas perairan Indonesia, khususnya di Perairan Sulawesi.

    Dari materi yang disampaikan oleh para narasumber, dan diskusi yang berkembang saat jalannya rakernis, disepakati bahwa upaya memperkuat langkah-langkah strategis dalam menjaga keamanan maritim di Laut Sulawesi merupakan hal yang krusial.

    Hal yang mendasari salah satunya karena Perairan Sulawesi memiliki potensi ekonomi yang tinggi, terutama dalam sektor perikanan dan pariwisata. Diskusi ini menyoroti kompleksitas dan tantangan yang dihadapi dalam menjaga keamanan maritim di Laut Sulawesi, serta menggarisbawahi pentingnya kerja sama lintas sektor dan perundang-undangan yang kuat untuk mengatasi permasalahan ini.

    Berdasarkan data yang didapat, dari 288 pulau di Perairan Sulawesi, 229 pulau diantaranya dinyatakan tidak berpenghuni yang berpotensi menjadi fasilitas tindak kriminal dan mengganggu keamanan maritim. Misalnya tindak penyelundupan barang, distribusi narkoba, terorisme, pencurian ikan, pencurian bersenjata, dan sebagainya.

    Selain itu, Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan negara Filipina, yang memiliki kompleksitas permasalahan yang berbeda dengan daerah lainnya. Merupakan sebuah keniscayaan adanya kolaborasi antar pemangku kepentingan di laut untuk bersama-sama menciptakan situasi maritim Indonesia yang kondusif.

    Bakamla RI berkomitmen untuk terus berupaya optimal dalam melakukan tugas mengamankan laut Nusantara. (Puspen TNI)

    manado manado manado
    Hariyono

    Hariyono

    Artikel Sebelumnya

    Dr. Ing. Ilham Habibie: International University...

    Artikel Berikutnya

    Ratusan Pelaku UMKM Hadiri Sosialisasi UMi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polres Karawang Bersama TNI Awasi Pembagian Beras untuk Warga Sirnabaya
    Peduli Kesehatan Masyarakat Papua, Yonif 503/Mayangkara Koops Habema Bersama Puskesmas Mumugu Canangkan Pekan Imunisasi Nasional
    Polsek Sukanagara Gencar Patroli Malam dan Sambang Pedagang Demi Keamanan Wilayah
    Sinergi TNI-Polri: Patroli Dialogis Malam dan Sambang Warga untuk Kamtibmas
    Bhabinkamtibmas Polsek Ciputat Timur Sambang ke Toko Sembako dan Pengemudi Transportasi Umum

    Ikuti Kami