Aksi Cepat Tanggap Satgas Yonif 115/ML Bersama Masyarakat Kampung Tinolok Perbaiki Jalan yang Terputus Akibat Longsor

    Aksi Cepat Tanggap Satgas Yonif 115/ML Bersama Masyarakat Kampung Tinolok  Perbaiki Jalan yang Terputus Akibat Longsor

    PUNCAK JAYA - Personel Satgas Yonif 115/ML bersama Masyarakat Kampung Tinolok bergotong-royong  memperbaiki akses jalan Distrik Mulia - Distrik Yambi yang terputus akibat tergerus air, tepatnya di jalan Kampung Tinolok, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya. Rabu (24/1/2024).

    Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Puncak Jaya termasuk di Distrik Yambi, mengakibatkan jalan yang menghubungkan Distrik Mulia dan Distrik Yambi terputus, tepatnya di Kampung Tinolok. Hal ini mengakibatkan kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dapat melintas.

    Dengan terjadinya hal tersebut, dapat mengakibatkan pendistribusian logistik ke Kampung Tirineri sampai dengan Kampung Jawa terancam terhenti.

    Mengetahui hal tersebut, Danpos Tinolok Lettu Inf Ferri Nurgian Mi'raj segera melaporkan kepada Dansatgas Yonif 115/ML. 

    Setelah mendapatkan laporan dari Danpos Tinolok, Dansatgas Yonif 115/ML Letkol Inf Raden Herman Sasmita segera berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya dan Satuan Kewilayahan setempat. Namun, dikarenakan kondisi alat berat yang berada jauh dari lokasi, Dansatgas Yonif 115/ML mengambil keputusan cepat dengan memerintahkan personel dari Pos Tinolok agar bekerjasama dengan masyarakat untuk melakukan upaya perbaikan dengan peralatan seadanya seperti cangkul dan sekop agar akses jalan kembali terbuka dan dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

    Pekerjaan yang dilakukan selama 1 hari tersebut telah memberikan dampak yang luar biasa, dimana kondisi jalan yang semula terputus, kini dapat dilintasi kembali.

    Hal ini menunjukkan bahwa, TNI selalu berbuat yang terbaik di tengah-tengah keterbatasan yang ada. Dengan bermodalkan peralatan seadanya dan semangat serta niat baik untuk berbuat, maka tidak ada yang tidak mungkin dilakukan bagi TNI.

    Kegiatan perbaikan jalan tersebut dipimpin langsung oleh Pasiops Satgas Kapten Inf Andika bersama dengan personel dari Pos Pruleme, Pos Tinolok dan Masyarakat dengan cara membersihkan badan jalan dilanjutkan membuat penahan bahu jalan untuk mencegah badan jalan tergerus oleh air yang turun dari tebing ketinggian sekitarnya, serta dengan mengikis tebing untuk memperlebar badan jalan agar dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

    Meskipun dengan peralatan seadanya, tidak membuat semangat dari personel Satgas  dan Masyarakat menjadi kendor. Namun, perbaikan darurat tersebut tentunya masih berpotensi terjadinya kerusakan badan jalan apabila diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan terus-menerus. Diharapkan kedepannya dapat dialokasikan program perbaikan jalan yang lebih permanen dan tidak mudah rusak.

    Setelah perbaikan jalan selesai dilaksanakan, Gumanggup Enumbi salah satu tokoh Masyarakat dari Kampung Tirineri menyampaikan rasa terimakasihnya kepada personel Satgas Yonif 115/ML yang sudah berupaya melakukan perbaikan jalan di Distrik Yambi tersebut.

    “ Terimakasih bapak TNI dari Satgas Yonif 115/ML yang sudah bergerak cepat memperbaiki jalan yang rusak karena longsor ini, sehingga dapat digunakan kembali dan membantu masyarakat yang akan menjual hasil kebunnya ke Kota Mulia.” Ungkapnya. (*) 

    puncak jaya
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Hadiri Acara Peletakan Batu Pertama Gedung...

    Artikel Berikutnya

    Ratusan Pelaku UMKM Hadiri Sosialisasi UMi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kapolres; Satreskrim Polres Bitung Amankan Bos BBM Solar Ilegal
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Sambangi Pos Satpam, Perkuat Sinergi Keamanan
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Sambangi Warga, Sampaikan Pesan Kamtibmas
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Sambangi Guru SD, Sampaikan Pesan Kamtibmas
    Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang Laksanakan Patroli Malam dan Sambangi Warga, Pastikan Keamanan Terjaga

    Ikuti Kami